Pages

Saturday, February 4, 2012

Hal-hal yang dilakukan Sebelum Tidur (ala rasulllah SAW)

Tidur merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap makhluk hidup. walaupun sebenarnya saya gak tau apakah tumbuhan tidur atau tidak (?)
bagi manusia, tidur merupakan peng-istirahatan untuk hampir semua organ di tubuh kita. Dan patut disyukuri, kita sebagai manusia diberikan kenikmatan seperti tidur, agar dapat merasakan betapa besarnya keagungan Allah, sang Maha Pencipta.

Tapi terlepas dari itu semua, ada beberapa hal umum yang akan dilakukan sebelum tidur. Diantaranya :
1. berdo'a
2. cuci kaki, tangan, dan muka
3. meggosok gigi
4. menyiapkan peralatan tidur (bantal, selimut, dll.)
5. menjauhkan benda-benda berbahaya dari sekitar anda
6. mematikan lampu / menyalakan lampu tidur
7. dll

Dan ada juga, beberapa hal yang tidak dianjurkan sebelum tidur. Diantaranya :
1. membaca novel, cerita horor atau mistery
2. browsing internet
3. minum minuman beralkohol / bersoda / kopi
4. membawa handphone ke ranjang anda
5. dll
Untuk yang beragama Islam, ada beberapa hal yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum tidur, yang seharusnya kita mencontoh kepada Beliau. Diantaranya yaitu :
  1. Membersihkan tempat tidur dan berbaring diatasa tubuh bagian kanan seperti yang diterangkan pada hadist HR Jama'ah dibawah ini :
    "Apabila seorang  diantara kamu mau tidur, hendaklah ia bersihkan tempat tidurnya dengan ujung pakaiannya 3 kali dan hendaklah ia berkata,
    bismika rabbi wadho' tu janbi wa bika arfa 'u hu, in amsakta nafsi fagfir laha wa in arsaltaha fah fadz ha bima tahfadzu bihi 'iba da kash shalihin."
    artinya : 'dengan nama-Mu wahai Tuhanku, aku baringkan pinggangku dan karna Engkau aku mengangkatnya; jika Engkau tahan jiwaku (Kau ambil nyawaku), ampunilah diriku, jika Engkau lepaskan ruhnya, peliharalah diriku sebagaimana Kau pelihara hamba-hambaMu yang shaleh.'
    Dan juga pada  HR. al-Bukhari, hal.6320, dan Muslim, hal.22714 :
    Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi tempat tidurnya, maka hendaklah ia mengambil ujung sarungnya, kemudian dia bersihkan kasurnya dengannya, dan hendaklah ia mengucapkan bismillah, karena sesungguhnya dia tidak mengetahui apa yang terjadi setelahnya di atas tempat tidurnya. Dan apabila hendak berbaring, maka hendaklah ia berbaring di atas bagian tubuhnya sebelah kanan.” 
  2. Membaca do'a sebelum tidur  *ada di gambar atas*, (HR. Muslim)
  3. Berwudhu, seperti HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710 :
    "Apabila engkau hendang mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah ia berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhu mu untuk melakukan shalat.
  4. Membaca Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas 
    Aisyah ra. berkata: “Bila Rasulullah Muhammad saw 
    berbaring di tempat tidurnya, beliau kumpulkan kedua telapak tangannya, lalu meniup keduanya dan dibaca pada keduanya surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Naas. Kemudian disapunya seluruh badan yang dapat disapunya dengan kedua tangannya. Beliau mulai dari kepalanya, mukanya dan bagian depan dari badannya. Beliau lakukan hal ini sebanyak tiga kali.” (HR. At Tarmidzi)
     
  5. Membaca "astagfirullahalladzi la ila ha illa huwalhayyul qayyu mu wa atu bu ilaih", 
    "barang siapa berkata ketika ia akan berbaring di tempat tidur, 
    astagfirullahalladzi la ila ha illa huwalhayyul qayyu mu wa atu bu ilaih (3x) *artinya : 'Ya Allah, aku mohon ampun kepada Allah yang tidak ada Tuhan kecuali Dia, yang hidup, yang jaga, dan aku bertaubat kepadanya (3x)'*
    Allah ampuni dosa-dosanya walaupun banyaknya seumpama buih dilautan dan walaupun bilangannya sejumlah daun-daunan pepohonan atau sejumlah bilangan debu padang pasir, atau seanyak bilangan hari di dunia." (HR Al-Turmudzi, ia berkata, hadis ini hasan)
  6. Tidur di awal malamRasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568) 
  7. Membaca ayat kursi
    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“. Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhumenceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu,bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi“. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan“. (HR. Bukhari no. 3275)
  8. Tidak tidur dengan tengkurap
    Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melihat seorang lelaki berbaring tengkurap seraya berkata, “Sesungguhnya berbaring seperti ini tidak disukai Allah.” (HR. at-Tirmidzi, hal.2692)

Sumber : buku-buku, mbah google

1 comment: